Friday, July 15, 2016

Malam Yang Tidak Biasa Di Kantor

Hai, selamat malam. perkenalkan nama ku Arno. Ake bekerja di salah satu kantor pemerintahan. Aku mau bagi-bagi cerita pengalaman ku yang menyeramkan. Ini cerita nyata yang aku alami sendiri.

Sebenarnya di kantor tempat aku bekerja memang sudah bukan rahasia lagi kalau di situ ada penghuninya dari alam lain. Sudah banyak yang melihat sebelumnya, namun awalnya tidak terlalu percaya dan memikirkan hal tersebut. Tapi beberapa kejadian yang aku alami sendiri dan mendengar cerita-cerita dari teman kerja lainnya membuat aku meinding dan mulai mempercayai kalau di sini memang ada penunggunya.

Jadi, di suatu hari aku mendapat banyak sekali tugas yang harus aku selesaikan di kantor. Sore itu setelah mandi aku langsung berangkat ke kantor lagi untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Di kantor ku kalau malam memang tidak ada aktifitas lain dan hanya ditunggui oleh si penjaga malam. Aku juga tidak mengerti kenapa dia bisa tahan bermalam di kantor itu. Tapi waktu aku datang ke kantor si penjaga malam sedang pergi keluar, biasa mungkin kencan atau apa lah kegiatannya kalau malam di luar.

Saat aku mulai mengerjakan tugas, memang suasananya sudah beda dan kurang enak. Tapi aku tidak terlalu memikirkannya aku terus saja melanjutkan pekerjaan ku. Tiba-tiba terdengar suara pintu depan yang dibuka. "Ah, di penjaga malam datang". pikir ku. Tapi kok tidak kelihatan dia lewat depan pintu ruangan ku. Pintu ruangan ku memang sengaja aku buka dan ruangan ku itu posisinya di depan, jadi kalau ada yang mau masuk harus melewati ruangan ku dulu. Akhirnya aku coba tengok keluar, ternyata memang tidak ada orang yang masuk dan pintu depan kantor masih tertutup. Aku bingung lalu tadi apa yang aku dengar. 

Aku kembali melanjutkan kerjaanku. selang beberapa lama, sekilas ada yang lewat depan pintu ruangan ku dengan sangat cepat. Aku tidak sempat menoleh hanya sekilas melihat seperti ada yang melintas. Aku langsung bersuara memanggil, tapi tidak ada yang menjawab. Lagi-lagi aku berpikir mungkin aku salah lihat.

Tidak lama setelah itu terdengar suara langkah kaki yang menuruni tangga. Aku pikir mungkin ada yang sedang menakuti ku atau memang ada orang selain aku di kantor. Langsung saja aku keluar mencoba mendatangi siapa orang tersebut. Tapi saat aku berada di tangga aku sama sekali tidak menemukan siapa pun di situ. Perasaan ku benar-benar tidak enak. Lalu kemudian belum lagi aku beranjak dari tempat aku berdiri, tercium aroma bunga. Bulu kuduk ku langsung berdiri. Aku langsung yakin kalau dari tadi aku memang tidak sendirian alias ada penunggu alam lain yang beraktifitas di situ. Aku langsung beres-beres mengambil tas ku dan pulang meninggalkan kantor. Biar saja aku selesaikan tugas lain kali, daripada aku kenapa-kenapa di situ sendirian.

Keesokan harinya aku cerita ke semua teman ku, mereka malah menertawakan ku. Kata mereka memang sudah biasa. Bahkan si penjaga malam juga sudah biasa mengalami hal tersebut di situ. Aku cuma geleng-geleng kepala mendengar mereka.

Sunday, July 10, 2016

Kemana Suami Ku?

Hai, Saya David. Saya mau bagi-bagi cerita. Sebenarnya ini bukan cerita saya pribadi, melainkan cerita orang yang pernah saya temui dulu. Dulu saya bekerja jadi sales keliling disebuah perusahaan. Tugas saya menjual produk-produk dari perusahaan. Saya sering pindah-pindah kota, Bahkan sampai ketempat jauh dan sangat terpencil.
Waktu itu saya sedang nyales disebuah desa. Lupa namanya, tapi ada "Bintang"nya kalau nggak salah dalam namanya. Letaknya itu di pegunungan dan jauh banget dari pusat kota. Benar-benar kayak pemukiman dalam hutan yang banyak sekali pohon-pohon besar. Di siang hari saja suasananya sangat sejuk sangat jauh berbeda dari tempat-tempat yang pernah saya kunjungi.

Di suatu rumah dimana saya sedang menawarkan barang dagangan. Saya bertemu dengan seorang ibu-ibu. Setelah selesai menawarkan barang saya mengobrol sejenak dengan beliau. "Mas, sudah nawarin ke rumah sebelah?". Saya jawab "Belum, pintu rumahnya ditutup". Ibu tadi melanjutkan dengan cerita "Yang di sebalah itu cuma ada ibu-ibu juga sendirian tinggalnya sekarang, suaminya baru saja hilang". "Hilang gimana bu?" saya tanya. "Sekitar 2 minggu ini baru kejadian suaminya hilang. Di bawa jin ke alam gaib. Hilang gitu aja". Saya dengan rasa nggak percaya dan kaget "Kok bisa?".

"sekitar 2 minggu yang lalu, suaminya itu kan lagi nyapu halaman sore-sore hampir senja. Nah tiba-tiba aja hilang. Nggak masuk-masuk rumah lagi pas di cari sama istrinya tadi. Sapu yang dipakainya tergeletak gitu aja. Awalnya istri kira suaminya nongkrong kemana gitu. Tapi aneh aja masih pake baju kotor dan motornya nggak dipake. Aneh aja gitu." Saya dengan seksama mendengarkan cerita si ibu ini tadi sambil menikmati teh yang dibuatkan dengan rasa penasaran. "Setelah beberapa hari dicari, akhirnya ditanyalah ke orang pintar, dan kata orang pintar itu suaminya disukai sama jin. Bukan jin biasa, kayak putri jin gitu langsung dibawa ke alam gaib". Lanjut si ibu tadi. Saya yang mendengar cerita itu langsung merinding dan tidak bisa berkata apa-apa. "Terus gimana langsung hilang gitu aja nggak bisa dibawa pulang lagi?" tanya saya yang penasaran.

"Sama orang pintar tadi istrinya dikasih tau kalau suaminya bisa saja diambil pulang. Tapi kesempatanya cuma sekali. Kita ngambilnya diam-diam dari alam gaib jangan sampai ketahuan sama jin di sana. Kalau sampai ketahuan, kita gagal dan selamanya suaminya nggak bisa balik lagi". Ibu tadi bercerita sampai saya merasa sedikit takut. Saya dengan penasaran bertanya "Ngambil diam-diam gimana bu?". "Iya, si orang pintar itu bisa munculin suaminya lagi ke alam kita. Pas bisa muncul harus langsung ditangkap. Nggak boleh lepas atau sampai hilang lagi. Jadi harus cepat-cepat nagkapnya".  Kata ibunya. "Terus gimana bu?" tanya saya lagi.

"Istrinya tadi sama orang pintar dan dibantu banyak orang-orang pergi hutan di belakang rumahnya malam hari. Nggak jauh cuma beberapa puluh meter aja dari tempat dia hilang pertama kali. Terus pas udah ritual macam-macam muncul lah suaminya tadi berdiri dan pake baju yang sama. Posisinya itu agak jauh dari tempat mereka nunggu dan terlindung pohon-pohon kayak diumpetin. Nah pas udah muncul dikejarlah sama semua orang tadi. Pas coba ditangkap dan dikejar, tiba-tiba suaminya tadi menghilang lagi gitu aja. Mungkin karena yang ngejar agak berisik dan ketahuan. Hilang lah selamanya dan gagal sudah". Saya cuma diam aja mendengar cerita ibu tadi "Jadi, sampai sekarang suaminya nggak hilang nggak bisa pulang lagi, yang di sebelah itu cuma istrinya sendiri aja lagi tinggal di rumah itu".

Saya merinding mendengar cerita ibu tersebut, setelah selesai ceritanya saya bertanya lagi "Kok bisa gitu, kenapa suaminya sampai bisa dibawa jin gitu. Di kawinin gitu ya?". ibu tadi mengiyakan "Iya, katanya disukainya sama putri jin terus dikawinin di alam gaib. Saya juga nggak tau apa alasannya, suaminya itu biasa aja, pendiam dan nggak ganteng-ganteng amat" Lanjut si ibu tadi.

Setelah selesai cerita tak terasa waktu sudah sore dan saya harus segera pulang ke kota tempat saya menginap. Ditambah lagi saya juga takut menghilang kayak orang tadi.

Itulah tadi cerita pengalaman perjalanan saya keliling ke beberapa kota di Indonesia. Saya banyak dapat cerita, melihat berbagai macam keberagaman dan mendapat nasehat dari orang-orang tua yang benar-benar merasuk ke dalam hati. itu adalah pengalaman yang sangat berharga.

Wednesday, July 06, 2016

Waspada Penipuan Dari Nomor +626283184xxxxxx

Tadi sore saat saya baru selesai mandi saya melihat ada tiga panggilan tak terjawab di ponsel saya. Saya langsung buka karena saya pikir pasti ini hal yang penting. Apalagi hari ini adalah hari lebaran. Tapi saya malah kaget dan bingung yang masuk adalah nomor yang tidak dikenal yaitu dari +626283184xxxxxx (tanda x dibaca "sekian" dan tidak mau saya tuliskan berapa sebenarnya). Seperti orang pada umumnya saya pikir mungkin ini telpon penting dari entah itu undian berhadiah atau hal penting lainnya. Karena nomor yang masuk tidak biasa seperti pada nomor telpon yang ada di Indonesia. Saya sempat berpikir juga mungkin ini telpon dari luar negeri terkait dengan aktifitas yang pernah saya buat di dunia maya. Saya jadi semakin penasaran.

Saya langsung mencoba menelpon balik. Anehnya nomor tersebut malah tidak bisa ditelpon, panggilan langsung dibatalkan karena nomor tidak masuk dalam format panggilan seluler atau telpon rumah (PTSN). Saya jadi semakin bingung ditambah khawatir kalau-kalau hal ini sangat penting. Dugaan saya kedua juga jangan-jangan telpon dari luar negeri makanya saya tidak bisa melakukan panggilan ke nomot tersebut. Ya saya memang belum pernah menelpon ke luar negeri. Saya pikir harus melakukan pendaftaran atau apalah untuk bisa menghubungi nomor tersebut.

Karena tidak bisa ditelpon, saya coba lagi mengirimkan pesan singkat (SMS) ke nomor tersebut. Saya langsung ketik dalam bahasa Indonesia dan Inggris (konyolnya saya juga hihihi). Tapi hasilnya sama, SMS tersebut gagal dan tidak bisa dikirim. Bukan tidak terkirim itu dua hal berbeda. Kalau tidak terkirim berarti SMS bisa dikirim tetapi tidak sampai ke penerima. Sedangkan tidak bisa dikirim, SMS memang tidak bisa keluar.

Saya semakin bingun dan penasaran. Karena saya tipe orang logika, saya mulai berpikir dan mempelajari pola nomor tersebut. Kalau nomor tersebut tidak bisa ditelpon dan dikirimkan SMS seperti yang saya sebut di atas. Berarti format nomor tersebut memang salah atau tidak dikenali oleh ponsel saya dan aturan standar komunikasi jaringan telepon. Kesimpulan pertama saya bahwa nomor tersebut adalah manipulasi atau formatnya tidak wajar.

Kedua, jika dilhat dari kode yang tersusun. pada awalan nomor terdapat kode +62 yang berarti nomor tersebut berasal dari Indonesia. Kesimpulan kedua adalah panggilan berasal dari Indonesia.

Format kode selanjutnya agak sedikit membingungkan. Jika nomor tersebut adalah tipe seluler, seharusnya berkode delapan (8) sehingga menjadi +628. Tetapi juga, jika itu berasal dari telpon rumah (PTSN) kode 62 kalau tidak salah adalah kode wilayah kota Garut. Akan tetapi lagi, nomor PTSN tidak mungkin jumlahnya sebanyak itu. Saya berpikir dan mengingat-ngingat kembali soal tipuan-tipuan nomor seluler yang pernah saya alami. Jadi dulu saya pernah dihubungi penipu katanya saya mendapat hadiah motor Yamaha Mio. Penipu tersebut menyuruh saya menelpon pihak pengelola undian di nomor 0000812xxxxxxxx. Dari nomor tersebut saya pelajari sebanyak apapun angka nol (0) diawalnya tetap saja nilainya nol sehingga tidak berbeda jika menelpon ke nomor 0812xxxxxxxx. Ngomong-ngomong tipuan tersebut gagal karena saya tahu waktu itu saya sedang ingin ditipu. Penipunya saya kerjain wkwkwkwk. Dari pengalaman tersebut saya cocokan dengan nomor yang tadi jika bernilai sama itu berarti nomor +626283184xxxxxx sama dengan +6283184xxxxxx atau 083184xxxxxx (+62 bisa diganti 0 jika dalam negeri). Hasilnya saya simpulkan nomor tersebut adalah nomor salah satu dari operator seluler di Indonesia.

Setelah saya mendapatkan nomor pasti dari manipulasi tadi, saya langsung menelpon ke nomor tersebut. Benar saya tersambung dan diangkat. Setelah saya berkata "Halo" telpon langsung ditutup oleh orang tersebut. Saya jadi semakin curiga kalau ini adalah penipuan. Saya jadi lega tadinya saya pikir kalau ini adalah panggilan soal hal yang penting.

Meskipun begitu saya tetap tidak boleh langsung mengatakan itu adalah penipuan. Bisa saja memang kesalahan jaringan operator atau lainnya. Karena ditelpon responnya kurang baik, saya coba kirimkan SMS. Seperti yang saya duga SMS pun tidak dibalas.

Setelah sekitar satu jam, tiba-tiba nomor tadi menelpon saya lagi. langsung saya angkat. Saat saya tanya ini siapa, terdengar suara pria dan dia hanya halo-halo saja . Lalu kemudian telpon ditutup lagi. Saya jadi tambah bingung. Apa maksud orang tersebut. Apakah dia khawatir karena saya dapat mengenali nomornya. atau dia hanya menguji saya.

Saya yang masih penasaran. Sebenarnya dia tidak menghubungi saya lagi. Tapi saya coba mempelajari pola aktifitasnya. Semacam detektif saja ha.. haa.. haaaa.

Berawal dari nomor yang formatnya tidak wajar dan respon yang kurang jelas dan tidak mau menjawab berarti orang tersebut sedang berhati-hati dan tidak ingin diketahui asalnya dan siapa dia.

Tiga panggilan tak terjawab sebelumnya tidak serta-merta langsung dalam rentan waktu yang pendek. Panggilannya memiliki jeda sekitar 10-15 menit. Artinya dia tidak langsung mencoba menelpon lagi setelah panggilan pertama tidak saya angkat. Kemungkinan dia sedang mencoba menghubungi nomor yang lain lalu kemudian kembali menghubungi nomor saya lagi untuk yang kedua dan ketiga kalinya. Itu berarti dia tidak penting dan dalam proses mengerjakan sesuatu.

Nomor tidak wajarnya tadi bukan kesalahan operator. Itu kesengajaan karena saat saya bisa menghubunginya dia tidak merepon dengan baik. Dan dia bukan orang yang saya kenal atau ada kepentingan dengan saya.

Kesimpulan terakhir setelah saya bisa menelpon ke nomor dia dan mengirimkan SMS dia tidak menjawab pertanyaan saya. Seolah-olah dia berpura-pura dan mencoba mengalihkan dugaan saya karena dia takut sudah ketahuan.

Akhirnya dugaan saya dari semua kesimpulan tersebut adalah itu adalah keisengan atau penipuan. Jadi, jika Anda menemukan kasus seperti itu waspadalah. Kemungkina ada unsur percobaan penipuan menggunakan panggilan dengan modus berbagai macam upaya.

Semoga tulisan ini bermanfaat walaupun agak sedikit membingungkan. Yang penting bisa ketawa. Sampai ketemu lagi di tulisan selanjutnya. Yaaa eeee...